RAW (2017) | Sinopsis, Film Kanibal, Review, Sutradara, dan Pemain 

tumblr_inline_onw2anB5rt1qcnkl6_1280

 

Film yang sangat berjaya diberbagai festival, dengan membawa pulang banyak penghargaan. Walaupun saat pertama ditayangkan, banyak penonton yang pergi dari bioskop karena tidak tahan dengan adegan-adegan yang tersaji di film ini, bahkan ada 2 orang penonton yang sampai pingsan!. Kabar tersebutlah justru yang membuat saya penasaran dan langsung mengira-ngira “film gila” apalagi ini, benar memang sengeri itu atau jangan-jangan hanya trik marketing saja untuk membuat sensasi agar menaikan pamor film ini.

hero_Raw-2017

Film asal Perancis yang di sutradarai oleh Julia Ducournau ini, menceritakan Seorang gadis “polos” bernama Justine (Garance Marillier) mahasiswa baru pada sebuah sekolah kedokeran hewan. Justine dan keluarganya mereka adalah vegetarian tulen (kecuali kakanya, Alexia (Ella Rumpf)). Seiring berjalannya waktu, Justine merasa ada yang aneh pada dirinya, sering mendadak timbul hasrat yang sangat kuat untuk memakan daging daging mentah. Bahkan hasrat tersebut menjadi tidak terkontrol saat terjadi kecelakaan yang terjadi antara Justine dan Alexia. Dari seorang gadis vegetarian yang masih lugu Justine menjelma menjadi sosok yang selalu lapar dengan daging mentah, tak peduli itu daging hewan atau daging manusia sekalipun.

movies-raw-4-678x320

As expected film ini menghadirkan beberapa adegan yang sangat tidak cocok untuk ditonton bersama anak-anak dan sambil makan, Memang tidak se-intens dan sevulgar seperti film-film kanibal lain (misanya Cannibal holocaust, Green Inferno, wrong Turn , dsb). walaupun begitu,pada beberapa adegan  film ini tetap sukses membuat saya mengeluarkan “kata-kata mutiara” saat melihat adegan-adegan yang sebenarnya lebih ke menjijikan ketimbang sadis.

1488828010_focusworld_raw_garancemarillier_juliaducournau_trailer-1194x653

Sebagai film perdananya, Julia Ducournau sukses mensajikan tontonan yang lumayan memberi nafas segar untuk film bergenre Horor di tahun 2017. Explorasinya dalam menghadirkan adegan-adegan yang memaksa penonton untuk menutup matanya perlu mendapat apresiasi lebih. Alih-alih menghadirkan potongan tubuh disana-sini atau darah yang muncrat keseluruh ruangan, adegan menggaruk-garuk badan dan menarik rambut dari mulut menjadi adegan yang sangat memorable bagi saya dalam film ini. Tentu saja akting dari Garance Marillier yang tampil totalitas pada film ini perlu mendapat acungan 4 jempol dari saya. Ada kelebihan ada pula kekurangannya, walaupun mudah dicerna, namun alur cerita RAW terkesan lambat dan monoton. Dengan premisnya sebagai film kanibal, RAW nampak agak kurang memuaskan para penonton yang mengharapkan porsi berdarah-darah yang lebih banyak.

Sutradara Julia Ducournau

Pemain Garance Marillier, Ella Rumpf, Rabah Nait Oufella

Negara Prancis

Durasi 98 Menit

Rating Dewasa

#Filmraw #filmindonesia #sinopsisfilmraw

2 tanggapan untuk “RAW (2017) | Sinopsis, Film Kanibal, Review, Sutradara, dan Pemain 

Tinggalkan komentar